Kamis, 14 April 2016

Cara Menggunakan Google Webmaster

Google Webmaster Tools – Apakah webmaster tools yang anda gunakan sudah di setting dengan benar? Setelah wara-wiri di berbagai grup dan forum, serta mendapatkan banyak pertanyaan di email mengenai cara setting tool ini maka muncul ide untuk membuat Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Webmaster Tools yang baik. Penjelasan selanjutnya mungkin akan sedikit panjang dan lebar bagi anda yang baru mengenal google webmaster, tapi bagi yang sudah paham mungkin anda bisa melewatkan beberapa point yang saya sebutkan dan hanya fokus pada beberapa isu-isu terbaru tentang perubahan algoritma google saat ini.

Saya tidak akan menjelaskan lagi tentang pengertian google webmaster, fungsi dan manfaat nya karena anda kesini bukan untuk mencari pengertian dan hanya akan membuang 10 menit waktu anda plus bandwidth yang anda gunakan.

Saya akan memulai urutan penjelasan tidak persis seperti urutan yang ada di google webmaster melainkan urutan yang menurut saya penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Perlu saya sampaikan apabila bahasa yang saya pakai pada google webmaster tools berbeda dengan yang anda miliki, mohon lihat gambar untuk melihat penjelasan lebih rinci.

Apabila anda memakai bahasa lain tinggal anda sesuaikan saja dengan gambar yang saya berikan, oya mohon dengan sangat membaca panduan dasar search console ini terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya supaya tidak bingung. Kalo masih bingung juga boleh langsung layangkan pertanyaan di kolom komentar ya.

1. Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools

Ketika pertama sekali masuk ke google webmaster tool, kita akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini:



Perhatian sebelum mengisi nama web atau blog:
 
Domain TLD dengan Hosting Blogspot
Bagi yang memakai domain TLD dengan hosting blogspot wajib memakai www karena settingan redirect 301 dari blogspot mewajibkan pemakaian www.

Domain TLD Self Hosting
Bagi yang memakai domain TLD tapi memiliki hosting sendiri (self hosting), domain yang memakai www maka maka berikan nama www sebelum nama domain (misalnya www.waroong.net), dan domain tidak memakai www berikan nama tanpa www (misalnya waroong.net).

Subdomain Blogspot atau WordPress
Bagi yang memakai blogspot atau wordpress cukup memberikan nama blog nya tanpa www (misalnya stevefiles.blogspot.com).
OK, langsung saja klik “add”. Sekarang mari kita daftarkan blog atau website kita. Isikan nama blog anda tanpa url atau sesuai dengan petunjuk pengisian yang diberikan oleh google. Kita cukup memberikan nama domain. Setelah blog atau website kita daftarkan, langkah selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan.


Dan hasilnya...
2. Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools
Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi kepemilikan blog yang kita miliki dengan beberapa metode.

Kita bisa memilih metode yang direkomendasikan, biasanya metode rekomendasi itu untuk website dengan hosting pribadi sehingga kita kita bisa mengupload kode html-nya ke dalam root (folder_html). Namun untuk blogspot langsung saja memilih metode alternatif seperti yang terlihat pada gambar bullet no 2.

Metode Verifikasi Blog
Berikut akan saya jelaskan masing-masing metode verifikasi. Apakah anda harus melakukan semua metode yang ada? jawaban nya TIDAK. Anda boleh memilih satu satu metode yang menurut anda paling gampang untuk diterapkan. Tapi semakin banyak metode verifikasi yang anda lakukan maka kepemilikan domain anda semakin kuat.
Metode HTML Tag
Metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kita hanya memasukkan kode HTML tag ke dalam tepat sesudah kode <head>. Bagi yang memakai plugins di wordpress misalnya plugin yoast, metode ini bisa kita abaikan karena kita telah melakukannya melalui plugin.


Tapi apabila anda ingin mengisi secara manual juga bisa. Edit template anda dan letakkan kode di header.php tepat setelah kode <head>.

Untuk blogspot langkah nya juga sama, buka template blogspot anda, klik template kemudian klik edit hmtl dan Klik di dalam template.
Untuk memudahkan pencarian kode, tekan control+f dan ketik kode <head>. Copy kode meta seperti dalam gambar dan letakkan /paste kode tersebut di halaman template tepat sesudah kode <head>.
dan tekan Control+F5. Apabila berhasil tulisan name=’google-site-verification’ akan berubah ke ujung script. Lihat hasilnya seperti ini:
Kemudian kembali ke google webmaster tools dan klik “verify”. 

Metode Upload File
Metode ini khusus untuk domain self hosting. File yang di berikan oleh google kita upload ke root domain kita. HARUS di dalam ROOT (/public_html) bukan di dalam FOLDER(/public_html/folder). Anda bisa memakai filezilla atau aplikasi lain untuk meng-upload file html ini. Setelah selesai meletakkan filetersebut di root kemudian klik tombol verify.
    Metode Domain Name Provider
    Metode ini khusus untuk domain TLD baik self hosting maupun bukan. Kita memasukkan kode file txt ke dalam domain management di hosting.
    Copy kode yang diberikan dan masuk ke halaman cpanel anda. Cari domain management atau advanced zone editor.
    Kemudian ikuti cara pengisian seperti dalam gambar.
    Beda hosting beda juga penampakan nya. Dibawah ini penampakan dihosting lain:
    Kemudian kembali ke google webmaster tools dan klik “verify”. Hasilnya seperti ini:
    Anda juga bisa melakukan verifikasi dengan CNAME, langkah nya sama seperti anda memasukkan kode TXT.
    Copy kode yang di berikan seperti langkah pada kode file txt, dan hasilnya seperti ini:

    Metode Google Analytic
    Metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kita harus memasukkan kode javascript ke dalam template tepat sebelum kode </head>. Metode ini sekaligus mendaftarkan domain blog kita ke google analytic. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
    Klik google analytic property di google webmaster tool. Apabila anda memiliki blog lain di
    dalam google webmaster tools maka jangan diklik dulu analytic web property karena akan
    terdaftar atas nama blog lain bukan blog yang kita maksud. Ikuti seperti pada gambar berikut:

    Anda akan menuju Google Analytic, kemudian klik “admin” untuk memulai pendaftaran domain anda dan klik “Create New Account”.

    Isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan domain anda. Jangan lupa untuk mencentang semua “data sharing setting”.

    Kemudian klik “Get Tracking ID” dan anda akan menuju kode tracking google analytic untuk domain tersebut. Andabisa melihat kode analytic khusus untuk domain tersebut beserta script yang harus di tambahkan ke dalam template
    Copy semua kode yang saya beri kotak merah dan edit html template anda. Taruh kode google analytic sebelum closing head </head>. Gambar di bawah adalah ilustrasi pengisian kode google analytic di blogspot. Untuk wordpress pada prinsip nya juga sama, letakkan pada file header.php. Lihat gambar untuk memudahkan pencarian 
    Klik “Save template” dan tekan Control+F5 dan lihat hasilnya apakah script masih sama atau malah berantakan. Kalo berantakan dan script berubah hasil nya seperti ini:
    Perbaiki kode nya dengan menambahkan kode “// <![CDATA[” dan “// ]]>” seperti dalam gambar:

    Kemudian cek kode tracking apakah sudah terinstal atau belum. Sebelum anda reload halaman browsing anda di tab google analytic, aktifkan “Data Processing Amendment” dan pastikan kotak diatas tulisan “learn how google analytic safeguard your data” tercentang. Kemudian Setujui perjanjian dengan google mengenai “Data processing” seperti yang terlihat pada gambar:

    Apabila Kode analytic.js berhasil di install abaikan cara dibawah ini. Tapi apabila Tracking ID belum terinstall juga maka bersihkan dulu cookies atau history broser anda. Login kembali ke akun google analytic dan lihat apakah sudah terinstall??
    Apabila masih belum juga, login ke blogspot anda dan ubah kode script google analytic anda di dalam template seperti dalam gambar di bawah. Simpan template anda, kemudian reload halaman google analytic dan lihat hasilnya
      
    Kode nya bisa anda download di bawah ini:Kode Google Analytic untuk blogspot
    Tampilan nya akan seperti ini apabila script yang anda pasang berhasil.
       
    Setelah berhasil memasang kode google analytic, kembali ke google webmaster tools dan klik roda gerigi di atas layar kanan kemudian klik kembali google analytic properties. Pilih nama Google analytic yang baru saja anda buat untuk domain baru anda tadi dan klik “save”.
       
    Kemudian kembali verifikasi domain anda dengan memilih Metode Google Analytic dan klik “verify”Kita akan membahas lebih mendalam setingan google analytic di artikel yang lain khusus untuk google analytic

    Metode Google Tag Manager Metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kita harus memasukkan kode Google Tag ke dalam template tepat setelah kode <body>. Google tag manager ini juga bisa di sinkroninasi dengan google analytic untuk mengumpulkan informasi pengujung blog anda yang akan terlihat pada laporan google analytic. Langkah-langkah sederhana untuk setingan google tag manager adalah sebagai berikut:
    Login ke google tag manager dan klik “new account”
    Kemudian setup container google tag manager untuk domain anda. Untuk container name berikan nama domain anda tanpa tanpa dotcom. Pilih webpage untuk blog atau apabila anda mendaftarkan untuk aplikasi mobile anda maka pilih mobile apps. Isi url domain anda dan pilih zona waktu di aman anda berdomisili supaya laporan nya akurat sampai ke anda. Terakhir adalah create account and container.

    Kemudian anda akan melihat script yang harus anda letakkan di template website anda tepat setelah atau di bawah opening body <body>. Anda bisa memilih untuk melakukan sinkronisasi analisa data pengunjung blog anda dengan memilih icon tag google analytic atau hanya untuk verifikasi google webmaster tools pilih “Add tags later”.

    Penjelasan berikut adalah melakukan sinkronisasi dengan google analytic. Kode google analytic yang telah anda cantumkan di closing head </head> sebelumnya harus anda hapus agar kode analytic tidak double.
    Letakkan kode/script google tag manager di template setelah <body>
    Save template dan tekan ctlr+F5. Khusus untuk blogspot, apabila masih error ubah kode nya seperti dibawah ini:
    Kembali ke google tag manager, buat kontainer untuk google analytic dan jangan lupa centang firing rules.

    Kemudian “create version” dari tag yang anda buat dan cek dulu sebelum publish apakah tag manager untuk google analytic aktif atau tidak.

    Klik “preview”dan klik nama domain anda. Setelah itu lihat hasilnya preview.

    Setelah tag google analytic berhasil aktif langkah selanjutnya “exit preview mode” dan publish tag anda.

    Anda juga bisa seting user_id google analytic melalui google tag manager dengan fasilitas macro. Saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang google tag manager khusus pada artikel google tag manager.

    Hasil Verifikasi Setelah melakukan verifikasi dengan metode yang kita pilih diatas, kita bisa melihat hasilnya dari google webmaster tools seperti dibawah ini.

      Dan ini adalah screenshoot dari salah satu domain yang saya miliki. Semakin banyak atau lengkap metode verifikasi yang kita lakukan maka kepemilikan atas domain semakin kuat seperti yang saja jelaskan di atas. Namun bukan berarti anda harus melakukan semua metode verifikasi tersebut. Pilih yang memang tersedia untuk anda.

      Kesimpulan
      Panduan google webmaster tools bagian 1 ini saya buat cukup hanya sampai di Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster untuk menghindari postingan yang terlalu panjang yang mungkin bisa berakibat anda sebagai pembaca bosan untuk membaca artikel ini. Bagian pertama panduan GMT ini merupakan langkah pertama yang paling penting untuk anda memperkenalkan blog atau website anda ke google search engine. Setelah melakukan beberapa tahapan diatas, anda tinggal memantau perubahan yang terjadi pada blog anda.
      Apabila ada masukan dan kritikan mengenai panduan google webmaster tools ini, anda bisa layangkan di kolom komentar di bawah ini. Untuk pertanyaan yang lebih detail anda bisa membuat postingan pertanyaan. Saya sangat berharap anda bisa sukses dengan blog anda.





      Artikel Terkait

      Cara Menggunakan Google Webmaster
      4/ 5
      Oleh

      Berlangganan

      Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email